SELAMAT DATANG ll WELCOME ll مرحبا بكم ll ようこそ ll 환영 ll WILLKOMMEN ll 歡迎光臨 ll BIENVENIDOS ll WELKOM ll SUGENG RAWUH ll ДОБРО ПОЖАЛОВАТЬ ll JILQGĦU ll ТАВТАЙ МОРИЛНО ll ยินดีต้อนรับ ll HOŞGELDİNİZ ll CHÀO MỪNG ll સ્વાગત ll BONVENON ll maligayang pagdating ll ຍິນດີຕ້ອນຮັບ

Sabtu, 18 Juni 2016

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Beli PS4

Haloo ,

Jadi disini saya mau ngasih tau, apa-apa aja yang perlu diketahui sebelum beli ps4. Mbuat postingan kayak gini soalnya . . . (mari kita flashback ke tahun 2015) waktu itu saya lagi di singapur nih trus jalan-jalan di mall (daerah Orchard Road), trus waktu itu sih belum kepikiran buat beli PS4. Nah waktu lewat di depan toko, yakk tau-tau nongol aja tuh PS 4, sebagai orang yang nggak pernah mainin PS 3/ps vita (kan udah mulai online-online tuh gamenya beda sama PS 2 yang saya punya di rumah) jadi nggak tau apa-apa waktu mau beli PS4, dan hmm akhirnya masuk toko dan beli deh itu PS4 (itung-itung dapet free tax :D) dan ternyataa . . . PS 4 yg saya beli region 2 (bukan region 3 indonesia) wkwkwk. . . ini udah agak salah sih, lagian saya kan mau maininnya di indonesia :(
Jadi bakal saya kasih tau disini, apa-apa yang perlu diketahui sebelum beli console PS 4. (Post ini lebih ngasih tau pengguna tentang psn, ps plus, region-region, dll)


Mulai dari Console yaaa,

Jadi console PS4 ini terdiri dari beberapa region, ini petanya :

Jadi kalo kita maininnya di Indonesia ya pakeknya region 3. Terus apa yang terjadi kalo nggak belinya region 3 kayak sayaa?

Pertama, kalo PS itu rusak dan masih dalam masa garansi maka, PS4 itu nggak bisa digaransiin di indonesia, digaransiinnya di region PS4 yg kita beli, kayak kalo beli region 1 ya nanti di amerika dan lain-lain

Kedua, Model colokannya beda, jadi setiap negara itu model colokannya (steker)nya beda kalo region 2 yaa beda banget sm colokan-colokan di indonesia wkwkwk, jadi harus beli kabel lagi kalo nggak converter colokannya (biasanya bisa beli di ACE hardware store).

Ya alhamdulillah aja PS saya nggak ada kendala udah selama 1 tahun jadi ya garansinya dah abis wkwkwk, kalo masalah colokan akhirnya saya beli di ACE (ini bukan promosi lho ya, setau saya disitu soalnya)


Sekarang Kita Masuk ke PSN 
Apa itu PSN ? pertamanya saya ya nggak tau apa-apa, tentang apa itu PSN nah terus saya cari-cari tau di forum grup FB Playstation 4 indonesia, lama-lama ngerti sendiri :)
Jadi di PS4 ini kita butuh akun yang namanya akun PSN (playstation network) sama kayak console
PSN ini juga terdiri dari region-region gitu. Nah apakah kalo region PS4nya region 2 (kayak saya yang salah beli) PSNnya bisa region 3 ?? jawabannya, bisaaa. Terus apa aja beda ngaruhnya region-region di PSN ?
pertama, Setiap region biasanya mata uangnya beda, kalo reg 3 indo ya nanti mata uangnya rupiah (mata uang buat beli game-game digital/add ons)
kedua, Setiap bulannya game gratisnya akan beda-beda (nah kalo kalian langganan PS plus nanti bakal dapet gratis game ps 4 tiap bulan, tentang ps plus nanti bakal aku bahas)
ketiga, Region PSN bakal ngaruh ke game-game yang bakal kamu beli, jadi gini misal game kamu region 2 dan PSN kamu region 3, dan jika kamu pre-order game itu dan dapet DLC, DLC itu nggak bisa diearn di PSN kita. begitulah, tapi walaupun game dan PSN kamu beda region ttp bisa dimainin kok.
keempat, Daftar game digital di setiap region beda-beda. Jadi di PS4 ini kamu bakal nemu yg namanya PS store, di PS store kamu bisa beli game digital lalu km download, cara belinya lewat credit card atau beli voucher gitu. Nah kayaak misalnya di region 2 ada game of thrones yang bisa kamu beli lewat ps store region 2, di region 3 nggak ada tuh yg namanya game of thrones jadi kalau km mau mainin game itu km harus beli kasetnya (blu-ray region 2) . Kalo nggak kamu bikin aja akun lagi yang PSN region 2 

PS PLUS

PS Plus ini nggak wajib sih sebenernya tapi kalo kalian mau main-main online harus langganan PS Plus ini. manfaat langganan PS Plus :
- Bisa main-main online
- Dapet game gratis setiap bulannya (kadang 2 game kadang 3, tapi acak lhoo yaa)
- Dapet penawaran diskon-diskon game digital di waktu-waktu tertentu
Ya jadi mau gimana-gimana menurut saya langganan PS Plus bagi pengguna PS4 itu perlu, kamu bisa langganan ps plus lewat ps store/ voucher ps plus


GAMES PS4
Bagian ini udah banyak dibahas diatas tadi yaa, catatan-catatan pentingnya sih pokoknya kalo game kamu beda region sama PSN kamu, gamenya tetep bisa dimainin. Kamu bisa beli game-gamenya di PS store (digital) atau beli kaset (blu-ray)nya di toko/ seller-seller terpercaya. Kalo masalah harga biasanya sih selama game tersebut nggak diskon di ps store, game-gamenya lebih murah jika dibeli dalam bentuk kaset (blu-ray). Oiya, kalian juga bisa beli game-game second hand kok yang notabene bakal lebih murah dari yang new. 


Voucher
Nah Voucher ini juga jangan sampek salah beliiii, misal akun PSN region 3 eh beli voucher region 1. ya nanti nggak bisa masuk lah. Jadi kalo mau beli voucher yaa perhatiin regionnya juga yaaa baik itu voucher PSN (buat nambah saldo beli-beli di ps store) maupun voucher PS Plus


Grup-grup dan site yang direkomendasiin buat pengguna PS4
-> disitu kamu bakal nemuin pengalaman-pengalaman gamer ps4 indonesia lainnya, nyari-nyari temen buat main bareng, ngamatin game-game baru yang lagi hype, dll
-> nah disini kamu bisa beli-beli game fisik baik 2nd maupun new, beli console, beli voucher,ikutan pre order dari seller-seller yang terverif, mengetahui modus-modus penipuan, jual-jual game kamu yg udah nggak dimainin, dll (tetep waspada ya kalo mau jual-beli online), jual console, dll

-> ini buat nyari tau tingkat rare trophy, klu-klu buat ndapetin trophy, dll (singkatnya, di PS4 nanti kamu bakal nemuin yang namanya trophy, setiap game pasti ada trophynya, nah web ini mbantu kamu buat ndapetin trophy-trophy itu)

Udah mungkin gitu dulu yaaa, kalo mau tanya-tanya bisa langsung dikomen atau mau ngoreksi yang salah-salah mungkin, juga langsung aja dikomen atau nambah-nambah site penting mungkin juga bisa kok hehe.

credit :
community.us.playstation.com

Terakhiirrr . . .

Buat yang udah beli PS4 atau punya ps vita atau ps 3 dan suka main online, boleh add PSN alexsebbas, wkwkwk


4 komentar:

  1. Makasih pencerahannya bro

    BalasHapus
  2. Gan kalo misalnya ps nya reg 2, terus psn sama game nya reg 3 apakah dlc nya bs dipake? Terus kalo online juga bisa nggak?

    BalasHapus
  3. bisaa mas dimas, ps saya juga reg 2 kok

    BalasHapus